Mengapa Orang Tidak Bisa Menyelesaikan Pekerjaan di Kantor

Presentasi dari Jason Fried, co-founder 37 Signals. Meeting panjang, gangguan dari Manajer dan atau atasan, adalah beberapa hal dari banyak hal lain, yang menyebabkan pekerjaan di kantor sering tidak selesai. Manajer adalah ‘Time Stealer’, begitu mantan atasan saya menyebutnya.

Sangat menarik, ketika Jason menjelaskan kesamaan bekerja dengan tidur. Ketika Anda terganggu saat bekerja dan terpaksa berhenti sejenak, seperti tidur, Anda tidak bisa kembali bekerja begitu saja. Hati, tangan dan otak Anda harus kembali ke saat Anda bekerja tadi. Dan proses tersebut, sangat memakan waktu.

Pengalaman saat saya bekerja “9-5″, saya tidak bisa berbuat banyak untuk menghindari gangguan di kantor. Kecuali menerima dan hanya berusaha sebaik-baiknya. Walhasil, long hours work menjadi makanan sehari-hari. Produktivitas? Tidak sebanding. Sebenarnya saya bisa menyelesaikan semua pekerjaan, tanpa harus pulang jam 9-10 malam setiap hari setelah datang ke kantor pagi sekali.

Konsep yang dikemukakan Jason bisa menjadi benchmark jika Anda mengelola bisnis sendiri. Terutama, jika tim yang Anda pimpin kebanyakan berisi orang kreatif. Sebagai pengelola, Anda wajib mengerti prinsip dari prioritas, serta merumuskan formula yang paling pas bagi karyawan Anda, agar mereka bisa menyelesaikan pekerjaan yang diberikan. Dan itu bukan berarti mereka harus berada di kantor setiap saat.

Presentasinya agak panjang, 17 menit. But every second of it is worth to watch.